Font Sandi Kotak

Sandi kotak – Sandi merupakan sebuah alat atau aksara yang digunakan untuk berkomunikasi yang biasanya hanya diketahui oleh kelompok tertentu saja. Namun menurut bahasa Sansekerta, sandi mempunyai arti menyembunyikan atau rahasia.







Sementara dalam kamus besar bahasa Indonesia sandi memiliki arti rahasia atau kode. Dalam pramuka, yang telah banyak dikenal oleh guru dan siswa adalah sandi kotak 1,2 dan 3.
  • Sandi Kotak 1
Untuk sandi kotak 1, sebenarnya sandi ini dibuat berdasarkan bentuk dan juga isi dari huruf yang terdapat di dalam kotak sehingga di isyaratkan menjadi sandi tertentu. sandi ini mendistribusikan dua huruf alfabet disetiap kotak sehingga dalam pemakaiaannya huruf kedua dalam kotak yang sama akan diberi tanda satu titik. Pada sandi kotak 1 atau yang pertama ini memiliki bentuk seperti gambar di atas.

  • Sandi Kotak 2
Untuk sandi kotak 2 ini juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang telah dijelaskan pada sandi kotak 1.  Bedanya dalam satu kota di isi oleh 3 huruf alfabet, jadi untuk membedakannya bisa kita lihat dari model titik yang ada. Adapun untuk memperjelas bisa kalian lihat contohnya seperti gambar di atas.


  • Sandi Kotak 3

Sandi kotak 3 adalah salah satu sandi kotak yang memiliki bentuk unik jika dibandingkan dengan sandi kotak 1 dan 2. Pasalnya sandi ini terbilang sedikit lebih sulit ketimbang sandi yang lainnya karena harus benar-benar hafal dimana letak  hurufnya untuk kemudian dijadikan sebagai simbol.


Dalam pembuatannya sandi kotak tersebut diatas memang sangat rumit dan harus berhati-hati mengingat salah memberi titik atau salah membuat posisi garis dan sudut membuat arti dari sandi tersebut salah. Agar lebih efektif dan dan efisien perlua adanya pengembangan sandi kotak yang dapat dibuat tanpa harus menuli dengan tangan sendiri. Sekarang telah hadir font sandi kotak yang dapat digunakan di microsoft word sehingga guru dan siswa bisa membuat kata, kalimat dan bahkan paragraf dengan cepat di microsoft word atau aplikasi ketik lain.

Download dan gunakan font sandi kotak di laptop.
[download di sini]


Informasi lebih lengkapnya mengenai sandi kotak silakan kunjungi link dibawah ini:
https://bagiinfo.com/sandi-kotak-dalam-pramuka/

3 komentar:

  1. Kak, Sandi Kotak 3 nya di mana ya ? Di file yng ada cuma sandi dalam kotak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sa kurang tau juga saya kak masalahnya saya dari SMA 4 KENDARI

      Hapus
  2. Sa kurang tau juga saya dek masalanya saya dari SMA 4 KENDARI

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...