Latar Belakang



 
Siswa sekolah dasar merupakan individu yang masih dalam usia pertumbuhan dan perkembangan. Usia anak pada masa sekolah dasar ini sering disebut juga dengan golden age karena pada usia ini siswa mampu menyimpan informasi yang ditangkap oleh panca indra mereka. Informasi-informasi yang disimpan anak tersebut akan selalu diingat dan sulit untuk dihilangkan. Selain itu anak pada usia sekolah dasar ini juga memiliki kecenderungan untuk menyukai dan meniru para tokoh yang di idolakannya. Sebagian besar anak pada usia ini lebih menyukai tokoh-tokoh viksi yang terdapat pada acara televisi dari pada orang yang nyata disekitarnya.
Kartun merupakan salah satu acara televisi yang terdapat di semua stasiun televisi. Sebagian besar anak pada usia sekolah dasar mengidolakan tokoh dalam film kartun dari pada film yang lainya. Film kartun yang sekarang ini sedang populerdan banyak disukai anak sekolah dasar adalah film Angry Bird, Spongboob, Naruto, Dragon Ball dan lain sebagainya. Banyak para pembuat mainan yang sukses dalam penjualan mainan karena mengadopsi tokoh-tokoh yang ada dalam film cartoon atau animasi. Selain mainan ada juga peralatan sekolah yang dibentuk dan diberi gambar kartun seperti pensil, buku tulis, tas, dan yang lainnya.
Pendidikan yang baik dan berkualitas salah satunya dipengaruhi oleh proses pembelajarannya. Selama ini berbagai macam model, media, dan strategi pembelajaran telah berkembang sedemikian banyak. Namun dalam berbagai macam model, media, dan strategi tersebut belum sepenuhnya mengacu kepada hakekat anak pada usia sekolah dasar. Banyak para guru yang melakukan proses belajar mengajar menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran namun belum sepenuhnya siswa di kelas tersebut merasa nyaman dan faham akan materi yang diberikan.
Pembelajaran yang terkesan membosankan dan menyebalkan akan disajikan lebih kreatif, inovatif dan menyenangkan. Pembelajaran dibuatagar berkesan dan bermaknabagi peserta didik. Pembelajaran yang dimaksud adalah memodifikasi media, strategi, dan model pembelajaran dengan tokoh-tokoh kartun yang disukai oleh anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...