Make-A Match (mencari pasangan) Lorna Curran, 1994

Salam cerdas para pendidik se-Indonesia, disini kita akan belajar tentang strategi Make A Match atau sering kita dengar dengan mencari pasangan. Elextromedia akan memberikan kalian media pembelajaran make a match dengan materi keliling bangun datar. Berikut pembahasan tentang strategi make a match dari Lorna Curran, 1994:



 Guru menyiapkan kartu yang berisi persoalan-permasalahan dan kartu yang berisi jawabannya, setiap siswa mencari dan mendapatkan sebuah kartu soal dan berusaha menjawabnya, setiap siswa mencari kartu jawaban yang cocok dengan persoalannya siswa yang benar mendapat nilai-reward, kartu dikumpulkan lagi dan dikocok, untuk babak berikutnya pembelajaran seperti babak pertama, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.


Utamanya di kelas-kelas bawah siswa atau pembelajar yang dikemas dengan belajar sambil bermain dan melakukan permainan dalam pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai kreatifitas guru. Salah satunya adalah dengan bermain kartu dalam mencari dalam mencari pasangan ini, disela-sela pergantian kartu dapat disisipkan nyanyian yang menarik agar kelas lebih aktif dan menyenangkan.

Langkah-langkah :

KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI:
Eksplorasi;
1.      Guru menyiapkan dua macam kartu yang berisi beberapa sub materi pokok atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaiknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
2.      Setiap siswa mendapat satu buah kartu.
Elaborasi
3.      Tiap siswa diminta mencermati jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
4.      Guru memberi batasan waktu dengan tanda dimulai dan berhenti mencari pasangan.
5.      Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
6.      Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin/skor.
7.      Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.
8.      Demikian seterusnya.
Konfirmasi
9.      Bersama siswa guru menentukan pasangan yang mendapat point tertinggi sampai terendah.
10.  Kesimpulan
KEGIATAN PENUTUP.

Jika kelasnya besar, maka strategi ini bisa di ubah dengan pendekatan kelompok, misalnya;
Langkah-langkah :
KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI;
Eksplorasi;
1.      Guru menggali kemampuan awal siswa dengan cara tanya jawab materi yang lalu.
2.      Bersama siswa memahami materi baru dan kompetensi yang ingin dicapai.
Elaborasi;
3.      Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru.
4.      Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
5.      Guru mendampingipleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
Konfirmasi;
6.      Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa.
7.      Guru memberi kesimpulan.
KEGIATAN PENUTUP

Bagaimana para guru-guru? apakah sudah memahami langkah-langkah dari strategi make a match? setelah memahaminya tentu langkah selanjutnya adalah menerapkannya bukan? nah, dibawah ini kami akan menyediakan medianya berupa kartu yang didalamnya terdapat bangundatar dengan ukuran tiap sisi-sisinya. langkah-langkah nya sangat mudah:

  1. Guru menjelaskan cara menghitung keliling dari bangun datar
  2. Media ini hanya digunakan untuk siswa dibawah 30, jika peserta lebih dari 30 maka pasangannya bisa ditambah. 
  3. Guru membagikan setiap kartu pada anak-anak
  4. Siswa diminta menjari keliling bangun datar dalam kartu tersebut.
  5.  Setelah kelilih diketahui, tiap siswa mencari pasangan yang jumlah kelilingnya sama.
  6. setelah saling berpasangan masing-masing siswa memberikan soal kepasangannya, begitu juga sebaliknya.
  7. selesai.
Mudah bukan! dibawah ini gambar tentang media make a match tentang matematika keliling bangun datar. kalian tinggal save as gambar tersebut kemudian buka microsoft word, selanjutnya masukkan gambar tersebut dan print di kertas tebal dan langkah akhir digunting. Selamat mencoba, salam indonesia cerdas!.









Jangan lupa untuk bergabung dalam group facebook Media Pendidikan untuk berdiskusi seputar pendidikan dan media pembelajaran. Mari kita majukan pendidikan indonesia dengan menymbang ide kretif media pembelajaran anda dan ciptakan pembelajaran yang berbasis PAIKEM. Salam Indonesia  cerdas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...