ALAT MUSIK RITMIS

ALAT MUSIK RITMIS- Adalah alat musik yang tidak bernada atau juga memiliki nada yang tetap. Berdasarkan banyaknya pendapat dan masukan mengenai alat musik ritmis ini makan semua akan paham bahwa alat musik ritmis itu adalah alat musik yang berfungsi sebagai alat musik pengiring.


Alat musik ritmis juga memiliki manfaat sebagai pengatur irama atau tempo dari suatu lagu. Banyak sekali cara memainkan alat musik ritmis ini seperti digesek, dikocok, ditabuh dengan tangan atau bantuan alat. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu, melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Beberapa contoh alat musik ini misalnya drum, marakas, simbal, tamborin, timpani, triangle, konga, timpani, kastanyet, rebana, tifa, dan kendang. Secara umum, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul, namun ada pula beberapa alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digesek dan dikocok (digoyangkan).

Memperkenalkan macam-macam alat musik ritmis keada anak merupakan langkah jitu untuk menjaga pelestarian musik dan alat musik tradisional. Anak khususnya usia sekolah dasar kelas I merupakan individu yang termasuk dalam Golden Age atau masa keemasan dalam mengingat sesuatu. Untuk itu dalam hal upaya mengembangkan proses pembelajaran yang lebih bermakna dikembangkanlah berbagai poster untuk mengenalkan kepada siswa tentang berbagai macam pengetahuan. Salah satu poster yang dibuat adalah yang berhubungan dengan alat musik ritmis.
  1. Kendang, alat musik tradisional Jawa ini juga merupakan alat musik ritmis yang dimainkan sebagai pengatur irama.
  2. Tifa, berdasarkan cara memainkan, bentuk, serta bahan pembuatannya, alat musik ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan gendang Jawa, hanya saja bentuk tabungnya yang ramping memanjang membuat ia umumnya dimainkan sambil berdiri.
  3. Tamborin adalah alat musik ritmis tradisional yang dapat menghasilkan 2 bunyi sekaligus saat dimainkan. Bunyi pertama berupa suara gemerincing yang berasal dari tumbukan logam pada bagian sisi, sedangkan bunyi kedua berupa suara tabuhan yang berasal dari bagian membrannya. 
  4. Drum adalah kelompok alat musik ritmis yang terbuat dari kulit atau plastik yang direntangkan pada sebuah lubang tabung dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik atau pemukul khusus. 
  5. Triangle, alat musik yang berbentuk segitiga dan terbuat dari bahan logam ini menghasilkan bunyi ketika dipukul pada bagian sisi luar maupun dalam menggunakan pemukul logam pula.
Download poster alat musik ritmis:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...