Kelas 6 Tema 8 Bumiku

Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn.




Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Secara khusus, di setiap akhir pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul ‘Kegiatan Bersama Orang Tua’. Kolom ini berisi informasi tentang aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah.

Kompetensi
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Tema ini terdiri dari subtema:

Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya halaman 1
Subtema 2 Bumiku dan Musimnya halaman 69
Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan halaman 123
Aku Cinta Membaca halaman 167

Beberapa Singkatan Nama Mata Pelajaran dan Kepanjangannya

SBdP : Seni Budaya dan Prakarya
PPKn : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
PJOK : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Download Buku Kelas VI dengan Revisi terbaru 2015.

Buku Guru
Buku Siswa

Pembelajaran Matematika dan PJOK masing-masing dilaksanakan sebagai mata pelajaran tersendiri dan menggunakan buku yang terpisah dari buku ini. Materi-materi terkait dengan Matematika dan PJOK dalam buku ini dapat digunakan sebagai penguatan dalam penguasaan Matematika dan PJOK. Pembelajaran Matematika dan PJOK sebagai mata pelajaran tersendiri tidak menambah total alokasi waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...