PAPAN BINTANG

Orang tua perlu memberlakukan sistem reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) dalam mendidik agar anak bisa membedakan mana perbuatan baik dan perilaku yang buruk. Punishment disebut berhasil bila memenuhi dua syarat yaitu tidak menimbulkan luka batin di dalam hati anak dan memberikan dampak jera. 






Selengkapnya mengenai topik mengenai punishment bisa dibaca di tulisan saya ini. Berikut ini diuraikan apa saja pengaruh reward sehingga presatsi belajar anak anda menjadi lebih baik:
  1. 1. Meningkatkan Motivasi Belajar Anak
  2. 2. Meningkatkan Jiwa Kompetitif Anak
  3. 3. Penghargaan Terhadap Diri Anak
Reward juga begitu, apabila kita memberikannya terlalu berlebihan akan, berdmpak pada perilku anak, dimana mereka tidak mau bekerja melakukan perintah kita, apabila tidak ada imbalan, dan cenderung selalu ingin upah, minsalnya kita suruh mandi, harus dikasi uang atau jajan, baru mau mandi, disuruh belajar, harus ada upah, kalau terus-terusan seperti ini, anak akan terbiasa berfikir melakukan sesuatu yang positif berdasarkan materi, bukan kesadaran sendiri, walaupun anak belum bisa berfikir secara matang, kita mengajarkannya sedikit demi sedikit, tentang norma.

Pada anak usia sekolah dasar, memberikan reward kepada anak khususnya di sekolah tidak boleh dilakukan secara terus menerus. pemberian reward dapat dilakukan sesekali dalam kurun waktu beberapa bulan, hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan kebiasaan anak untuk selalu mendapatkan upah. berikut ini adalah desain poster untuk papan bintang:

Untuk download desainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...