Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di
lapangan. Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik,
dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Buku ini dibuat dengan
berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud.
Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali
ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk
PPKn.
Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan
pembelajaran tematik terpadu. Kegiatan pembelajaran di buku ini
dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan
keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Buku Guru
memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan
sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Secara khusus, di setiap
akhir pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom untuk orang tua
dengan subjudul ‘Kegiatan Bersama Orang Tua’. Kolom ini berisi informasi
tentang aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua
di rumah.
Kompetensi Inti
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Subtema 1 : Suhu dan Kalor 1
Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar Kita 68
Subtema 3 : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan 135
Subtema 4 : Literasi 200
Daftar Pustaka 218
Profil Penulis 219
Profil Penelaah 220
Profil Editor 225
Profil Ilustrator 226
Download Buku Kelas V dengan Revisi terbaru 2017.
Buku Guru
Buku Siswa
Pembelajaran Matematika dan PJOK masing-masing dilaksanakan sebagai mata pelajaran tersendiri dan menggunakan buku yang terpisah dari buku ini. Materi-materi terkait dengan Matematika dan PJOK dalam buku ini dapat digunakan sebagai penguatan dalam penguasaan Matematika dan PJOK. Pembelajaran Matematika dan PJOK sebagai mata pelajaran tersendiri tidak menambah total alokasi waktu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar