Examples Non Examples





Persiapan gambar, diagram, atau tabel sesuai materi bahan ajar dan kompetensi, jika materi memungkinkan sajikan pula dengan media cartoon art, sajikan gambar ditempel, pakai OHP, atau tayangan lewat LCD. Melalui petujuk guru siswa mencermati gambar demi gambar yang disajikan, diskusi kelompok tentang sajian gambar tadi, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, evaluasi dan refleksi.
Di kelas-kelas bawah pemahaman siswa masih sangat terbatas pada kemampuan indera, sehingga guru dapat menggunakan media gambar (media audio visual) agar dapat membantu penguasaan materi yang bersumber dari hal-hal yang sifatnya kongkret sesuai tingkat pengalaman siswa. Media audio visual yang digunakan dapat dikaitkan atau menggunakan berbagai tokoh kartun favorit anak. Kepada siswa dilatih untuk mempertajam pengamatan atau kejelian terhadap suatu kejadian / obyek kemudian siswa dilatih untuk merekam dan mengingat-ingat apa yang dilihat dan didengar selama pengamatan berlangsung.
Langkah-langkah
KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI;
Eksplorasi;
  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar dengan kreasi cartoon art sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  2. Guru mengenalkan pokok materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  3. Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
Elaborasi;
  1. Siswa diajak mengenali isi pesan yang terkandung pada gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP atau LCD.
  2. Siswa diberi kesempatan untuk memperhatikan kemudian menerangkan gambar menurut persepsinya.
  3. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, keterangan gambar didiskusikan dan diuraikan kemudian dicatat pada lembar kertas kerja.
Konfirmasi;
  1. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan uraian hasil diskusinya.
  2. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru menambah dan menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
  3. Kesimpulan
KEGIATAN PENUTUP
Guru dapat mengembangkan / merekayasa menjadi lebih bervariatif menuju tingkat kesulitan yang lebih tinggi, misalnya;
Langkah-langkah :
KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI;
Eksplorasi;
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Menyajikan materi yang unik melalui kreasi cartoon art sebagai pengantar.
  3. Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
Elaborasi;
  1. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi.
  2. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
  3. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
Konfirmasi;
  1. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Kesimpulan/rangkuman.
KEGIATAN PENUTUP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...