NHT adalah salah
satu tipe dari pembelajaran koperatif dengan sintaks: pengarahan,
buat kelompok heterogen dan tiap siswa memiliki nomor tertentu dalam
bentuk tokoh kartun, berikan persoalan materi bahan ajar dengan
bentuk lembar cartoon
art
(untuk tiap kelompok sama mendapat tugas yang sama) kemudian bekerja
kelompok, presentasi kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai
tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual
dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan beri
reward.
Strategi ini dipilih
guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan maka guru dapat
menerapkan prinsip pembelajaran yang dilakukan dengan bermain
(belajar sambil bermain dan bermain dalam pembelajaran). Agar
pelaksanaan lebih menyenangkan maka setiap penunjukkan siswa yang
bernomor di kepalanya harus menjawab diselingi dengan bernyanyi
(pilih lagu yang lucu / lagu-lagu dolanan yang popular dikalangan
siswa), setelah selesai baru menunjuk siswa yang ditugasi untuk
menjawab.
Langkah-langkah :
KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI;
Eksplorasi;
- Guru mulai melibatkan siswa mengenali kompetensi yang ingin dicapai dan mencari sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan (guru menyiapkannya dengan suasana kartun yang digemari anak).
- Siswa diminta untuk memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
Elaborasi;
- Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor yang dikemas dalam kolom kartun.
- Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
- Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
- Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
Konfirmasi;
- Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain untuk memberi konfirmasi.
- kesimpulan
KEGIATAN AKHIR
Langkah ini dapat di
kembangkan dan ditingkatkan utamanya untuk mengajar dikelas atas (SD)
misalnya menjadi:
Langkah-langkah :
KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI;
Eksplorasi;
- Guru mulai melibatkan siswa mengenali kompetensi yang ingin dicapai dan mencari sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan (guru menyiapkannya dengan suasana kartun yang digemari anak).
- Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
Elaborasi;
- Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor kartun atau nomor bisa diganti dengan nama tokoh kartun atau liannya.
- Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai
- Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
- Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa benomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
Konfirmasi;
- Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
KEGIATAN PENUTUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar