Merupakan kumpulan strategi yang sudah ada kemudian diterapkan bersamaan dengan model pembelajaran berbasis cartoon art sehingga menjadi strategi pembelajaran berbasis cartoon art. Strategi tersebut dalam penerapannya terdapat unsur cartoon yang disukai oleh siswa baik itu dalam penyampaian materinya, strategi yang digunakan, maupun dalam media pembelajaran yang akan digunakan. Oleh karena itu guru juga harus tahu terlebih dahulu tokoh kartun apa saja yang digemari siswanya.
Untuk membelajarkan
siswa sesuai dengan cara/gaya belajar mereka sehingga tujuan
pembelajaran dapat dicapai dengan optimal ada berbagai strategi
pembelajaran. Dalam prakteknya, kita (guru) harus ingat bahwa tidak
ada strategi pembelajaran yang paling tepat untuk segala situasi dan
kondisi. Oleh karena itu, dalam memilih strategi pembelajaran yang
tepat haruslah memperhatikan kondisi siswa, sifat materi bahan ajar,
fasilitas-media yang tersedia, dan kondisi guru itu sendiri. Namun
guru juga harus ingat bahwa keberhasilan dalam pembelajaran siswa
sangat tergantung dari kreatiftas dan kemampuan guru dalam menyajikan
pembelajaran.
Berikut ini
disajikan beberapa model pembelajaran kontektual berbasis cartoon
art,
untuk dipilih dan dijadikan alternatif sehingga cocok untuk situasi
dan kondisi yang dihadapi. Selanjutnya, modifikasi dalam strategi
pembelajaran kontekstual berbasis cartoon
art
diserahkan kepada guru untuk melakukan penyesuaian, karena diyakini
bahwa masing-masing guru memiliki kreativitas sangat tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar