Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Cartoon Art





Merupakan kumpulan strategi yang sudah ada kemudian diterapkan bersamaan dengan model pembelajaran berbasis cartoon art sehingga menjadi strategi pembelajaran berbasis cartoon art. Strategi tersebut dalam penerapannya terdapat unsur cartoon yang disukai oleh siswa baik itu dalam penyampaian materinya, strategi yang digunakan, maupun dalam media pembelajaran yang akan digunakan. Oleh karena itu guru juga harus tahu terlebih dahulu tokoh kartun apa saja yang digemari siswanya.
Untuk membelajarkan siswa sesuai dengan cara/gaya belajar mereka sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal ada berbagai strategi pembelajaran. Dalam prakteknya, kita (guru) harus ingat bahwa tidak ada strategi pembelajaran yang paling tepat untuk segala situasi dan kondisi. Oleh karena itu, dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisi siswa, sifat materi bahan ajar, fasilitas-media yang tersedia, dan kondisi guru itu sendiri. Namun guru juga harus ingat bahwa keberhasilan dalam pembelajaran siswa sangat tergantung dari kreatiftas dan kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran.
Berikut ini disajikan beberapa model pembelajaran kontektual berbasis cartoon art, untuk dipilih dan dijadikan alternatif sehingga cocok untuk situasi dan kondisi yang dihadapi. Selanjutnya, modifikasi dalam strategi pembelajaran kontekstual berbasis cartoon art diserahkan kepada guru untuk melakukan penyesuaian, karena diyakini bahwa masing-masing guru memiliki kreativitas sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...