Strategi ini dapat digunakan guru, ketika menjumpai tema yang perlu pembahasan yang luas dan rinci sehingga guru tidak mungkin dapat menyelesaikan dalam jam pelajaran yang tersedia di kelas. Untuk menyelesaikannya maka harus diselesaikan diluar kelas dengan menugasi para siswa untuk membaca sendiri di rumah. Dalam keadaan seperti ini strategi ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan penguasaan materi bagi siswa.
Langkah-langkah:
KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI;
Eksptorasi;
- Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
- Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
- Guru memberikan teks yang dikreasi dengan cartoon art pada siswa.
Elaborasi;
- Siswa membaca teks tersebut.
- Guru memberikan panduan bacaan yang telah disiapkan dengan kreasi cartoon art
- Buat pertanyaan - pertanyaan yang akan dijawab oleh siswa atau bentuk form kartun yang harus diisi.
- Siswa mencari kata-kata penting sebagai bahan menjawab pertanyaan dalam panduan.
Konfirmasi;
- Klarifikasi dipandu guru
- Diakhir pelajaran beri ulasan secukupnya.
KEGIATAN PENUTUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar