Strategi ini digunakan untuk memberi keleluasaan siswa dalam mencari sumber bahan yang dapat digunakan untuk menjawab/memecahkan suatu persoalan yang ditugaskan oleh guru. Strategi ini dapat dilakukan guru dalam memberi tugas dirumah atau tugus-tugas terstruktur, sehingga siswa dapat menyelesaikan tugas secara optimal dengan sumber berajar yang ditemukan diluar sekolah.
Strategi ini juga
dapat disajikan atau dilakukan dalam kelas/ di sekolah. Guru dapat
menyediakan buku modul cartoon
art yang
menarik dan berisi materi yang akan disampaikan. Siswa diberi waktu
dan diminta untuk membaca dan memahami isi buku, kemudian siswa
harusmenjawab pertanyaan dari guru.
Langkah-langkah:
KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI;
Eksplorasi;
- Guru mengenalkan materi pokok dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan
Elaborasi;
- Guru mengajukan sejumlah pertanyaan.
- Guru memberikan rambu-rambu bacaan atau referensi yang dapat digunakan siswa.
- Siswa mengkaji dan mempelajari referensi/bacaan yang ada dalam modul cartoon art yang disediakan guru
- Siswa menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan guru sekaligus meraporkan hasilnya.
Konfirmasi;
- Guru memberikan klarifikasi baik melalui diskusi maupun tanya jawab/dialog langsung dengan siswa yang bersangkutan.
KEGIATAN PENUTUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar