CartoonCarddalam istilah lainnya (dalam Bahasa Idonesia)
disebut juga dengan ‘kartu kartun’. Strategi ini
menggunakan media kartu yang berupa gambar kartun untuk mengeksplor atau
menuliskan bagian materi mana yang belum dipahami siswa. Gambar kartun favorit
yang lucu membuat siswa tertarik dalam belajar.
Melalui media kartu kartun tersebut, guru dapat mengetahui siswa
mana yang belum memahami materi yang disampaikan dan bagian mana yang belum
dipahaminya, sehingga mempermudah guru untuk mengulang materi tertentu yang diperlukan.
Karakter pada kartu kartun merupakan identitas siswa dan hanya mereka yang
tahu. Siswa tidak perlu merasa malu karena guru tidak akan membacakan identitas
siswa. Strategi pembelajaran Cartoon Cardini dapat diterapkan pada semua jenjang kelas,
karena pada dasarnya siswa mempunyai tokoh kartun favorit masing-masing.
Langkah-langkah
srategi pembelajaran Cartoon Cardsebagai
berikut:
1)
Kegiatan Awal
2)
Kegiatan Inti
a) Eksplorasi
· Guru
memberikan penjelasan secara garis besar mengenai materi yang dipelajari dengan
tanya jawab dan diskusi bersama siswa.
· Guru
menjelaskan mekanisme pembelajaran yang akan dilaksanakan
b) Elaborasi
· Siswa
diminta untuk berpasangan dengan temannya (bisa dimodifikasi secara inidividu
maupun berkelompok sesuai kebutuhan/keinginan guru)
· Siswa
diberikan Cartoon Card yang berisi
soal/pertanyaan oleh guru
· Masing-masing
pasangan mendapatkan satu Cartoon Card
· Siswa
mengganti soal/pertanyaan dari Cartoon
Carddengan pertanyaan atau materi yang kurang dipahami siswa.
· Cartoon Carddikembalikan
pada guru.
· Siswa
mengerjakan soal/pertanyaan dari guru dengan waktu yang telah disepakati.
· Guru
menganalisa pertanyaan atau materi yang belum dipahami oleh siswa.
· Guru
meminta pasangan siswa untuk maju ke depan kelas menjelaskan hasil diskusi.
· Siswa
lain menanggapi laporan hasil diskusi dari pasangan yang maju di depan kelas.
c) Konfirmasi
· Guru
memberikan klarifikasi dan penguatan atas hasil diskusi siswa serta memberikan
penjelasan mengenai materi yang belum dipahami.
3)
Kegiatan Penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar