( RPP ) STRATEGI TEAMS GAMES TOURAMENT BERBASIS CARTOO ART




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
 STRATEGI
TEAMS GAMES TOURAMENT BERBASIS CARTOO ART

Sekolah                               :   SD Al-Islam 2 Jamsare Surakarta
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/semester                  :   IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke                     :   1-2
Alokasi waktu                    :   4 x 35 menit        
                   
A.     Standar  Kompetensi       :          
5.   Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
B.     Kompetensi Dasar
5.4  Melakukan operasi hitung campuran
C.     Indikator
1.  Kognitif
·        Menyebutkan besar kecil pada bilangan bulat positif dan negatif.
·        Menjelaskan cara Menghitung operasi hitung campurandengan  garis bilangan.
2.  Afektif
·        Menjawab pertanyaan mengenai operasi hitung campuran.
3.  Psikomotor
·        Memilih pertanyaan mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat.
·        Memilih jawaban yang benar mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat.
·        Memperbaiki jawaban yang belum benar mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat.



D.    Tujuan Pembelajaran
1.  Kognitif
·        Dengan menyebutkan besar kecil pada bilangan bulat positif dan negatif siswa menjadi giat dan berkerja keras.
·        Dengan menjelaskan cara menghitung operasi hitung campuran siswa menjadi lebih percaya diri.
2.  Afektif
·        Dengan menjawab pertanyaan mengenai operasi hitung campuran siswa menjadi lebih berani dan mandiri.
3.  Psikomotor
·        Dengan memilih pertanyaan mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat, rasa ingin tahu siswa meningkat dan siwa menjadi lebih disiplin.
·        Dengan memilih jawaban yang benar mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat siswa menjadi lebih berani.
·        Dengan memperbaiki jawaban yang belum benar mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat siswa menjadi lebih bertanggung jawab.
E.     Materi Ajar
·    BAB ke lima yaitu bilangan bulat.
·    Sub BAB operasi hitung campuran.
F.      Metode, Model, dan Strategi
1.      Metode yang digunakan adalah metode tanya jawab, ceramah interaktif, dan kelompok.
2.      Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kontekstual berbasis Cartoon Art.
3.      Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi Teams Games Tournament berbasis Cartoon art.
G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan awal
·        Guru membuka pelajaran dengan salam.
·        Guru menanyakan kabar siswa.
·        Siswa dan guru berdoa bersama.
·        Guru mengecek kehadiran siswa.
·        Siswa diminta mendengarkan informasi materi yang disampaikan oleh guru.
·        Siswa diminta memperhatikan guru ketika menyampaikan tujuan pembelajaran.
·        Siswa ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan apresepsi.
2.      Kegiatan Inti
a.                         Eksplorasi
·    Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai operasi hitung campuran biangan bulat.
·    Siswa memperhatikan contoh mengenai operasi hitung campuran biangan bulat menggunakan media cartoon.
·    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai operasi hitung campuran biangan bulat yang belum paham.
·    Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
·    Guru mempersiapkan sarana dan prasarana berbasis cartoon art.
b.                         Elaborasi
·    Siswa dibuat kelompok heterogen 4 orang kemudian berikan informasi pokok materi dan atau mekanisme kegiatan.
·    Masing-masing kelompok diberi nama dan papan nama dengan menggunakan cartoon art supaya siswa lebih antusias.
·    Siswa bersama guru menyiapkan meja turnamen secukupnya , misal 10 meja dan untuk tiap meja ditempati 4 siswa yang berkemampuan setara.
·    Meja I diisi oleh siswa dengan level tertinggi dari tiap kelompok dan seterusnya sampai meja ke-X ditempati oleh siswa yang levelnya paling rendah.
·    Penentuan tiap siswa yang duduk pada meja tertentu adalah hasil kesepakatan kelompok.
·    Sebelum pelaksanaan instrumen berjalan siswa diberikan modul cartoon art yang berisi materi operasi hitung campuran bilangan bulat.
·    Selanjutnya adalah pelaksanaan turnamen, setiap siswa mengambil kartu soal yang telah disediakan pada tiap meja dan mengerjakannya untuk jangka waktu tertentu (misal 3 menit).
·    Siswa bisa mengerjakan lebih dari satu soal dan hasilnya diperiksa dan dinilai, sehingga diperoleh skor turnamen untuk tiap individu dan sekaligus skor kelompok asal.
·    Siswa yang telah selesai mengikuti permainan tersebut diminta untuk mengerjakan soal di dalam buku modul.
c.                         Konfirmasi
·    Siswa pada tiap meja turnamen sesuai dengan skor yang diperolehnya diberikan sebutan (gelar) superior, very good, good, medium.
·    Selanjutnya, pada turnamen kedua (begitu juga untuk turnamen ketiga-keempat dst.), dilakukan pergeseran tempat duduk pada meja turnamen sesuai dengan sebutan gelar tadi, siswa superior dalam kelompok meja turnamen yang sama, begitu pula untuk meja turnamen yang lainnya diisi oleh siswa dengan gelar yang sama.
3.      Kegiatan Penutup.
·        Siswa bersama guru menyimpulkan kembali pembelajaran yang telah  dilaksanakan mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat.
·        Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi operasi hitung campuran yang belum dimengerti.
·        Siswa selanjutnya mengerjakan lembar evaluasi.
·        Guru menyampaikan pesan moral
·        Siswa dan guru bersama-sama menutup kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan hamdallah.
H.    Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran
·       Modul Cartoon art.
·       Garis bilangan Cartoon art.
2.      Sumber Pembelajaran
·       Sugiyanti Sri, dkk. 2009. Matematika untuk SD/MI kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
·       Mustaqim Burham, Ary Astuty. 2008. Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI Kelas IV.Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
I.       Penilaian
1.      Dengan tes
2.      Dengan sekala sikap (Non tes)
J.      Lampiran
1.      Materi
2.      Soal
3.      Kunci jawaban
4.      Penilaian
                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Wali Kelas                                                              Mahasiswa



          ..................................                                            ..................................
NIP/NIK :                                                             NIM:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...