RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
STRATEGI
TEAMS GAMES TOURAMENT BERBASIS CARTOO ART
Sekolah : SD Al-Islam 2 Jamsare Surakarta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat)
/2 (dua)
Pertemuan ke : 1-2
Alokasi waktu : 4 x 35
menit
A. Standar
Kompetensi :
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat.
B. Kompetensi Dasar
5.4 Melakukan
operasi hitung campuran
C. Indikator
1. Kognitif
·
Menyebutkan besar kecil pada
bilangan bulat positif dan negatif.
·
Menjelaskan cara
Menghitung operasi hitung campurandengan
garis bilangan.
2. Afektif
·
Menjawab pertanyaan mengenai
operasi hitung campuran.
3. Psikomotor
·
Memilih pertanyaan mengenai
operasi hitung campuran bilangan bulat.
·
Memilih jawaban yang benar
mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat.
·
Memperbaiki jawaban yang belum
benar mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
·
Dengan menyebutkan besar kecil
pada bilangan bulat positif dan negatif siswa menjadi giat dan berkerja keras.
·
Dengan menjelaskan cara menghitung operasi hitung campuran siswa menjadi lebih percaya diri.
2. Afektif
·
Dengan menjawab pertanyaan
mengenai operasi hitung campuran siswa menjadi lebih berani dan mandiri.
3. Psikomotor
·
Dengan memilih pertanyaan
mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat, rasa ingin tahu siswa meningkat
dan siwa menjadi lebih disiplin.
·
Dengan memilih jawaban yang benar
mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat siswa menjadi lebih berani.
·
Dengan memperbaiki jawaban yang
belum benar mengenai operasi hitung campuran bilangan bulat siswa menjadi lebih
bertanggung jawab.
E. Materi Ajar
· BAB ke lima yaitu bilangan bulat.
· Sub BAB operasi hitung campuran.
F. Metode, Model, dan Strategi
1.
Metode yang digunakan adalah metode tanya jawab, ceramah interaktif, dan
kelompok.
2.
Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kontekstual
berbasis Cartoon Art.
3.
Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi Teams Games Tournament berbasis Cartoon
art.
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan
awal
·
Guru membuka pelajaran
dengan salam.
·
Guru menanyakan kabar
siswa.
·
Siswa dan guru berdoa
bersama.
·
Guru mengecek kehadiran
siswa.
·
Siswa diminta mendengarkan
informasi materi yang disampaikan oleh guru.
·
Siswa diminta memperhatikan
guru ketika menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Siswa ikut berpartisipasi
aktif dalam kegiatan apresepsi.
2. Kegiatan
Inti
a.
Eksplorasi
·
Siswa
memperhatikan penjelasan guru mengenai operasi hitung campuran biangan bulat.
·
Siswa
memperhatikan contoh mengenai operasi hitung campuran biangan bulat menggunakan
media cartoon.
·
Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya mengenai operasi hitung campuran biangan bulat
yang belum paham.
·
Siswa
diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
·
Guru
mempersiapkan sarana dan prasarana berbasis cartoon
art.
b.
Elaborasi
·
Siswa
dibuat kelompok heterogen 4 orang kemudian berikan informasi pokok materi dan
atau mekanisme kegiatan.
·
Masing-masing
kelompok diberi nama dan papan nama dengan menggunakan cartoon art supaya siswa
lebih antusias.
·
Siswa
bersama guru menyiapkan meja turnamen secukupnya , misal 10 meja dan untuk tiap
meja ditempati 4 siswa yang berkemampuan setara.
·
Meja
I diisi oleh siswa dengan level tertinggi dari tiap kelompok dan seterusnya sampai
meja ke-X ditempati oleh siswa yang levelnya paling rendah.
·
Penentuan
tiap siswa yang duduk pada meja tertentu adalah hasil kesepakatan kelompok.
·
Sebelum
pelaksanaan instrumen berjalan siswa diberikan modul cartoon art yang berisi materi operasi hitung campuran bilangan
bulat.
·
Selanjutnya
adalah pelaksanaan turnamen, setiap siswa mengambil kartu soal yang telah
disediakan pada tiap meja dan mengerjakannya untuk jangka waktu tertentu (misal
3 menit).
·
Siswa
bisa mengerjakan lebih dari satu soal dan hasilnya diperiksa dan dinilai,
sehingga diperoleh skor turnamen untuk tiap individu dan sekaligus skor
kelompok asal.
·
Siswa
yang telah selesai mengikuti permainan tersebut diminta untuk mengerjakan soal
di dalam buku modul.
c.
Konfirmasi
·
Siswa
pada tiap meja turnamen sesuai dengan skor yang diperolehnya diberikan sebutan
(gelar) superior, very good, good, medium.
·
Selanjutnya,
pada turnamen kedua (begitu juga untuk turnamen ketiga-keempat dst.), dilakukan
pergeseran tempat duduk pada meja turnamen sesuai dengan sebutan gelar tadi,
siswa superior dalam kelompok meja turnamen yang sama, begitu pula untuk meja
turnamen yang lainnya diisi oleh siswa dengan gelar yang sama.
3. Kegiatan
Penutup.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan kembali pembelajaran yang telah dilaksanakan mengenai operasi hitung campuran
bilangan bulat.
·
Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi operasi hitung campuran yang
belum dimengerti.
·
Siswa
selanjutnya mengerjakan lembar evaluasi.
·
Guru
menyampaikan pesan moral
·
Siswa
dan guru bersama-sama menutup kegiatan pembelajaran dengan
mengucapkan hamdallah.
H. Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Media Pembelajaran
·
Modul Cartoon art.
·
Garis bilangan Cartoon art.
2.
Sumber Pembelajaran
·
Sugiyanti Sri, dkk. 2009.
Matematika untuk SD/MI kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
·
Mustaqim Burham, Ary Astuty.
2008. Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI Kelas IV.Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional.
I. Penilaian
1.
Dengan tes
2.
Dengan sekala sikap (Non tes)
J. Lampiran
1.
Materi
2.
Soal
3.
Kunci jawaban
4.
Penilaian
............, ......................20 ...
Mengetahui
Wali Kelas Mahasiswa
.................................. ..................................
NIP/NIK : NIM:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar