Malu bertanya sesat dijalan merupakan sebuah kata bribahasa bagi orang yang malu bertanya maka akan tersesat. Begitu juga dengan ilmu dimana semakin banyak kita bertanya maka akan semakin banyak pengetahuan yang akan kita peroleh dan sebaliknya jika kita malu bertanya maka kita tidak akan tahu apa-apa. Walaupun kita mampu belajar sendiri namun perlu kita ketahui bahwa kemampuan pemahaman seseorang dalam pengetahuan memiliki keterbatasan.
Untuk memulai
penyampaian materi yang baru akan lebih efektif jika siswa itu banyak
dimotivasi untuk berani bertanya-tanya dari pada harus mendengarkan penjelasal
guru saja. Salah satu cara untuk membuat siswa belajar secara akif adalah
memancing siswa untuk bertanya tentang materi sebelum diajarkan atau sebelum
ada penjelasan guru. Strategi ini salah satu cara guru untuk memotivasi siswa
agar memiliki ketrampilan bertanya / berpikir kritis.
Langkah-langkah :
KEGIATANAWAL
KEGIATAN INTI;
Eksplorasi;
1.
Guru mengenalkan materi pokok dan tujun
pembelajaran yang akan dicapai.
2.
Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi
pembel{aran yang dijelaskan guru
Elaborasi;
3.
Guru memberikan teks bahan ajar yang
telahdipersiapkan
4.
Setiap siswa menyuzun daftar pertanyaan pada
lembar kerja.
5.
Secara acak guru menawarkan dari pertanyaansiapa
yang dibahas pertamalalinya.
6.
Guru mendialogkan pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Konfirmasi;
7.
Gum memberikau penjelasan dan konfirmasi.
KEGIATAN PENUTUP.
8.
Kesimpulan.
Sumber:
Modul Buku Model-Model Pembelajaran PGSD FKIP UMS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar