Sebenarnya selain anak bisa mengerjakan atau menyelesaikan soal anak juga seharusnya mulai diajarkan cara membuat soal karena hal tersebut akan menambah pemahaman anak mengenai sitem evaluasi. dengan strategi ini kita tahu mana anak yang telah belajar dan mana anak yang tidak belajar dirumah. Biasanya anak yang memahami betul materi yang akan diajarkan kemudian dalam membuat soal maka akan bervariasi pertanyaannya.
Strategi ini dapat
digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan pengararnan yang
diharapkan, sehingga guru dapat memperbaiki proses pembelajaran pada tatap muka
yang akan datang. cara ini sangat tepat untuk meningkatkan partisipasi atau
keterlibatan siswa dalam pembelajaran secara tertulis.
langkahJangkah:
KEGIATANAWAL
KEGIATAN INTI;
Eksplorasi;
1.
Guru mengenalkan materi pokok dan tujun
pernbelajaran yang akan dicapai.
2.
siswa diminta memperhatikan mekanisme stategi
pemberajaran yang dijelaskan guru.
Elaborasi;
3.
Setiap siswa diberi secarik kertas kosong dan
menuliskan sebuah pertanyaan.
4.
Pertanyaan dari setiap siswa diputar sebanyak
jumlah siswa.
5.
Pada saat membaca pertanyaan dari temanya,
letiap siswa memberi anda cek (V) untuk pertanyaan yatg dianggap penting.
Konfirmasi;
6.
Pertanyaan yang mendapatkan tanda cek (V)
terbanyak secara berunrtan dibahas oleh guru yang bersangkutan.
KEGTATAN PENUTUP
7.
Kesimpulan.
Sumber:
Modul Buku Model-Model Pembelajaran PGSD FKIP UMS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar