Buku ini
merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi
Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah
koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal
penerapan Kurikulum 2013.
Buku ini
merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan
dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan
dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id
atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas
buku ini.
- Penulis : Hobri, Susanto, Mohammad Syaifuddin, Dhika Elvira Maylistiyana, Hosnan, Anggraeny Endah Cahyanti, dan Khoirotul Alfi Syahrinawati.
- Ilustrator : Putri Riskiani Amaliya.
- Penelaah : Swasono Rahardjo dan Yudi Satria.
- Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
PETUNJUK UMUM
Buku guru
terdiri dari 2 bagian. Bagian I, berisi tentang Buku Petunjuk Umum, sedangkan
Bagian II berisi tentang Buku Petunjuk Khusus. Pada buku Petunjuk Umum, terdiri
atas : pendahuluan, cakupan dan ruang lingkup, strategi pembelajaran, Media,
dan penilaian. Pada Buku Petunjuk Khusus pada setiap bab terdiri atas : pengantar
bab, pemerolehan konsep, meliputi ayo mengamati, ayo menanya, ayo menalar, ayo
mencoba, ayo merangkum, ayo mengkomunikasikan, dan tugas proyek. Pada akhir bab
disajikan Latihan
PENGANTAR BAB
Isi pengantar bab adalah : advanced organizer, bacaan pengantar, tokoh
matematika, tujuan pembelajaran, kata kunci dan materi prasyarat. Materi
prasyarat adalah aktivitas siswa dalam membaca dengan seksama persoalan
sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan. Tujuan
pembelajaran adalah kemampuan atau keterampilan yang akan dicapai setelah siswa
mempelajari bab ini. Tokoh matematika dipilih
sesuai dengan topik bab ini, serta pelajaran berharga apa yang dapat diambil
dari sejarah tokoh tersebut.
Download Buku
Guru Kelas IV
Download Buku Siswa
Kelas IV
PEMEROLEHAN
KONSEP
Berisi
kegiatan siswa atau aktivitas siswa secara aktif dengan menggunakan 5M (mengamati,
menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan) dalam upaya memperoleh
pemahaman tentang materi dalam masing-masing bab.
RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
- Pelajaran pecahan memiliki ruang lingkup seperti: a) Pecahan senilai; b) Bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, persen); c) Taksiran hasil pengoperasian dua bilangan pecahan.
- Pelajaran FPB dan KPK memiliki ruang lingkup seperti: a) Faktor dan kelipatan; b) Bilangan prima; c) FPB dan KPK.
- Pelajaran aproksimasi memiliki ruang lingkup seperti: a) Pembulatan hasil pengukuran kesatuan puluhan atau; b) Pembulatan ke ratusan terdekat.
- Pelajaran bangun datar memiliki ruang lingkup seperti: a) Segi Banyak (beraturan dan tak beraturan); b) Keliling dan luas daerah (persegi, persegi panjang, segitiga); c) Hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, berimpit).
- Pelajaran Statistika memiliki ruang lingkup seperti materi data dan pengukuran (diagram batang).
- Pelajaran Pengukuran Sudut memiliki ruang lingkup seperti materi Pengukuran sudut dengan busur derajat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar