Buku Matematika Kelas 4 Kurtilas Rev. 2018


Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.

Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini. 
  •  Penulis : Hobri, Susanto, Mohammad Syaifuddin, Dhika Elvira Maylistiyana, Hosnan, Anggraeny Endah Cahyanti, dan Khoirotul Alfi Syahrinawati.
  • Ilustrator : Putri Riskiani Amaliya.
  • Penelaah : Swasono Rahardjo dan Yudi Satria.
  • Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

PETUNJUK UMUM
Buku guru terdiri dari 2 bagian. Bagian I, berisi tentang Buku Petunjuk Umum, sedangkan Bagian II berisi tentang Buku Petunjuk Khusus. Pada buku Petunjuk Umum, terdiri atas : pendahuluan, cakupan dan ruang lingkup, strategi pembelajaran, Media, dan penilaian. Pada Buku Petunjuk Khusus pada setiap bab terdiri atas : pengantar bab, pemerolehan konsep, meliputi ayo mengamati, ayo menanya, ayo menalar, ayo mencoba, ayo merangkum, ayo mengkomunikasikan, dan tugas proyek. Pada akhir bab disajikan Latihan

PENGANTAR BAB
Isi pengantar bab adalah : advanced organizer, bacaan pengantar, tokoh matematika, tujuan pembelajaran, kata kunci dan materi prasyarat. Materi prasyarat adalah aktivitas siswa dalam membaca dengan seksama persoalan sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan. Tujuan pembelajaran adalah kemampuan atau keterampilan yang akan dicapai setelah siswa mempelajari bab ini. Tokoh matematika dipilih sesuai dengan topik bab ini, serta pelajaran berharga apa yang dapat diambil dari sejarah tokoh tersebut.

Download Buku Guru Kelas IV


Download Buku Siswa Kelas IV

PEMEROLEHAN KONSEP
Berisi kegiatan siswa atau aktivitas siswa secara aktif dengan menggunakan 5M (mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan) dalam upaya memperoleh pemahaman tentang materi dalam masing-masing bab.

RUANG LINGKUP PEMBELAJARAN
  1. Pelajaran pecahan memiliki ruang lingkup seperti: a) Pecahan senilai; b) Bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, persen); c) Taksiran hasil pengoperasian dua bilangan pecahan.
  2. Pelajaran FPB dan KPK memiliki ruang lingkup seperti: a) Faktor dan kelipatan; b) Bilangan prima; c) FPB dan KPK.
  3. Pelajaran aproksimasi memiliki ruang lingkup seperti: a) Pembulatan hasil pengukuran kesatuan puluhan atau; b) Pembulatan ke ratusan terdekat.
  4. Pelajaran bangun datar memiliki ruang lingkup seperti: a) Segi Banyak (beraturan dan tak beraturan); b) Keliling dan luas daerah (persegi, persegi panjang, segitiga); c) Hubungan antargaris (sejajar, berpotongan, berimpit).
  5. Pelajaran Statistika memiliki ruang lingkup seperti materi data dan pengukuran (diagram batang).
  6. Pelajaran Pengukuran Sudut memiliki ruang lingkup seperti materi Pengukuran sudut dengan busur derajat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...