Muatan Pelajaran : PPKn
Jumlah soal : 8 soal
Bentuk soal : Praktik
Kompetensi Inti:
- 4. Menyajikan pengetahuan factual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logisdankritis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar | Kelas/ Smt | Indikator |
---|---|---|
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh. | 4 | 4.1.1 Disajikan gambar atau vidio tentang perilaku yang mencerminkan sikap tenggang rasa dan musyawarah siswa dapat menceritakan kembali dari sudut pandang dari kelima sila dalam Pancasila. |
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumahadat, makanan khas, dan upacaraadat), sosialekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar. | 4 | 4.4.1 Disajikan gambar beberapa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat , siswa dapat mengelompokkan dan menuliskan dari daerah mana /propinsi mana pakaian tersebut berasaL. |
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah, sekolah dan masyarakat yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari |
5 | 4.1.1. Disajikan berbagai gambar kegiatan misalnya : kerja bakti, peringatan hari besar agama, peringatan hari besar nasional, dll. siswa memilih salah satu gambar dan menceritakan perilaku yang sesuai dengan gambar yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai kelima Pancasila. |
4.1 Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupansehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. | 6 | 4.1.1 Siswa membuat kliping tentang contoh pelaksanaan nilai – nilai moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga , sekolah, dan masyarakat dari surat kabar. |
4.1.2 Siswa menulis contoh pelaksanaan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. | ||
4.5.1 disajikan gambar tentang peristiwa ( Perumusan Pncasila, Proklamasi, Penyobekan bendera belanda di hotel Yamato) siswa dapat menceritakan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam peristiwa tsb. | ||
4.5.2 disajikan gambar tentang peristiwa pergerakan nasional (organisasi Budi Utomo, Organisasi Politik) siswa dapat menceritakan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam peristiwa tsb. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar