KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

UJIAN PRAKTIK
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
Jumlah Soal: 10 Soal




Kompetensi Inti Ketrampilan (4): 

  • Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.



No. Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Kelas
Indikator
1. 1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan 1.1 Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibaca VI Diperdengarkan teks atau cerita anak, siswa dapat menulis hal-hal penting dari

teks atau cerita anak tersebut.
2. 5. Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek. 5.1 Menyimpulkan isi bertia yang didengar dari televisi atau radio.
VI Diperdengarkan rekaman berita dari televisi atau radio, siswa dapat menuliskan simpulan atau isi berita tersebut.
3. 1. Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan. 1.2 Mengidentifikasi unsur cerita tentang cerita rakyat yang didengarnya. V Disajikan sebuah cerita rakyat yang didengar dari tape recorder, CD atau televisi. Siswa dapat menuliskan isi cerita yang didengar/dilihat secara runtut.
3. 5. Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek. 5.2 Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan. VI Diperdengarkan sebuah cerita drama pendek melalui media elektronik atau cetak, siswa dapat menceritakan kembali isi drama tersebut secara lisan
5. 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan pidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi.
6.1 Berpidato atau presentasi untuk pelbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun,dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat.
VI
Disediakan naskah pidato untuk suatu acara tertentu, siswa dapat membacakan dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
6.
2. Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan menceritakan hasil pengamatan atau berwawancara.
2.1 Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahanya dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
V Disajikan sebuah gambar peristiwa/VCD atau televisi, siswa dapat memberikan saran dan pemecahannya dengan santun berbahasa.
7. 3. Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi. 3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
V Disajikan sebuah puisi, siswa dapat membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.
8.
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan permaian drama.
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
V Disajikan teks drama, siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
9. 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat.
4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita- cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan.
IV Siswa dapat menulis surat pribadi.
10. 2. Mendiskripsikan secara lisan tempat sesuai denah dan petunjuk menggunakan suatu alat.
2.1 Mendiskripsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut.
IV
Disajikan sebuah denah, siswa dapat menjelaskan secara lisan tentang suatu perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...