Yaitu strategi yang digunakan pendidik dengan maksud mengajak peserta didik untuk menemukan konsep dan fakta melalui pengklasifikasian materi yang dibahas dalam pembelajaran.
Langkah-langkahnya:
KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI
Eksplorasi;
- Guru mulai melibatkan siswa mengenali kompetensi yang ingin dicapai dan mencari sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan (guru menyiapkannya dengan suasana kartun yang digemari anak).
- Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
Elaborasi;
- Guru membagikan kertas yang bertuliskan informasi atau kategori tertentu dan telah dikreasi dengan cartoon art secara acak
- Tempelkan kategori utama di papan atau kertas di dinding kelas (semua media bisa dimodifikasi dengan cartoon art)
- Mintalah siswa untuk mencari temannya yang memiliki kertas/ kartu yang berisi tulisan yang sama untuk membentuk kelompok dan mendiskusikannya
- Mintalah mereka untuk mempresentasikannya
Konfirmasi;
- Siswa dan guru bersama-sama mengklarifikasi jawaban/hasil diskusi siswa
- Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami.
- Kesimpulan
KEGIATAN PENUTUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar