Card Sort (Mensortir Kartu)





Yaitu strategi yang digunakan pendidik dengan maksud mengajak peserta didik untuk menemukan konsep dan fakta melalui pengklasifikasian materi yang dibahas dalam pembelajaran.
Langkah-langkahnya:
KEGIATAN AWAL
KEGIATAN INTI
Eksplorasi;
  1. Guru mulai melibatkan siswa mengenali kompetensi yang ingin dicapai dan mencari sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan (guru menyiapkannya dengan suasana kartun yang digemari anak).
  2. Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaran yang dijelaskan guru.
Elaborasi;
  1. Guru membagikan kertas yang bertuliskan informasi atau kategori tertentu dan telah dikreasi dengan cartoon art secara acak
  2. Tempelkan kategori utama di papan atau kertas di dinding kelas (semua media bisa dimodifikasi dengan cartoon art)
  3. Mintalah siswa untuk mencari temannya yang memiliki kertas/ kartu yang berisi tulisan yang sama untuk membentuk kelompok dan mendiskusikannya
  4. Mintalah mereka untuk mempresentasikannya
Konfirmasi;
  1. Siswa dan guru bersama-sama mengklarifikasi jawaban/hasil diskusi siswa
  2. Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai materi yang belum dipahami.
  3. Kesimpulan
KEGIATAN PENUTUP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...