Istilah metode berasal dari bahasa Yunani methodos ‘jalan’, ‘cara’. Karena itu, metode diartikan cara melakukan sesuatu. Dlam dunia pendidikan metode pembelajaran dapat diartikan sebagai “cara untuk mencapai tujuan”. Mulyadi dan Risminawati (2012: 8) menyatakan bahwa metode pembelajaran diartikan sebagai cara-cara menyeluruh (dari awal sampai akhir) dengan urutan yang sistematis berdasarkan pendekatan tertentu untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, metode merupakan cara melaksanakan pekerjaan, sedangkan pendekatan bersifat filosofis atau bersifat aksioma. Jadi metode bersifat prosedural, artinya menggambarkan prosedur bagaimana mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Metode pembelajaran
kontekstual berbasis cartoon
art berarti
metode pembelajaran yang digunakan dalam pengimplementasian model
kontekstual berbasis cartoon
art. Terdapat
beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untu
mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis
cartoon art, diantaranya:
(1) ceramah, (2) demonstrasi, (3) diskusi, (4) simulasi, (5) debat,
(6) laboratorium, (7) pengalaman lapangan, (8) simposium, dan
sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar