Metode Pembelajaran Kontekstual Berbasis Cartoon Art





Istilah metode berasal dari bahasa Yunani methodos ‘jalan’, ‘cara’. Karena itu, metode diartikan cara melakukan sesuatu. Dlam dunia pendidikan metode pembelajaran dapat diartikan sebagai “cara untuk mencapai tujuan”. Mulyadi dan Risminawati (2012: 8) menyatakan bahwa metode pembelajaran diartikan sebagai cara-cara menyeluruh (dari awal sampai akhir) dengan urutan yang sistematis berdasarkan pendekatan tertentu untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran, metode merupakan cara melaksanakan pekerjaan, sedangkan pendekatan bersifat filosofis atau bersifat aksioma. Jadi metode bersifat prosedural, artinya menggambarkan prosedur bagaimana mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Metode pembelajaran kontekstual berbasis cartoon art berarti metode pembelajaran yang digunakan dalam pengimplementasian model kontekstual berbasis cartoon art. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untu mengimplementasikan strategi pembelajaran berbasis cartoon art, diantaranya: (1) ceramah, (2) demonstrasi, (3) diskusi, (4) simulasi, (5) debat, (6) laboratorium, (7) pengalaman lapangan, (8) simposium, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...