Strategi READING GUIDE memberikan kemandirian anak dalam belajar dan menyelesaikan masalah yang ada. Strategi ini cocok digunakan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam hal membaca mengingat dan memahami secara mandiri. Disarankan dalam penggunaan strategi ini dilakukan di kelas tinggi karena sebagian besar kemungkinan bahwa kelas tinggi sudah memiliki jiwa kemandirian.
Strategi ini dapat
digunakan guru, ketika menjumpai tema yang perlu pembahasan yang luas dan rinci
sehingga guru tidak mungkin dapat menylelesaikan dalam jam pelajaran yang
tersedia di kleas. Untuk menyelesaikannya maka harus diselesaikan diluar kleas
dengan menugasi para siswa untuk membaca sendiri di rumah. Daram keadaan
seperti ini, strategi ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan penguasaan materi
bagi siswa.
Iangkah Langkah
KEGIATANAWAL
KEGIATANINTI;
Eksptorasi;
1.
Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi
yang ingin dicapai
2.
siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi
pembelajaran yang dijelaskan guru.
3.
Guru memberikan teks pada siswa.
Elaborasi;
4.
Siswa membaca teks tersebut.
5.
Gummemberikaa panduan bacaan.
6.
Buat pertanyaao - pertanyaan yang akan dijawab
oleh siswa atau bentuk form yang harus diisi.
7.
siswa mencari kata-kata penting sebagai bahan
menjawab pertanyaan daram panduan.
Konfirmasi;
8.
Klarifikasidipandu guru
9.
Diakhir pelajaran beri ulasan secukupnya.
KEGIATAN PENUTUP
10.
Kesimpuian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar