GI (Group Investigation) (SHARAN, 1992)


Model pembelajaran ini mendidik anak belajar mencari data dengan sumber informasi menggunakan cara wawancara melakukan penelitian atau pengamatan. strategi Group Investigation adalah pembelajaran yang dilakukan dengan kerjasama kelompok untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang telah diberikan oleh guru.






 Model koperatif tipe GI dengan sintalrs: Pengarahan, buat kelompok heterogen dengan orientasi tugas, rencanakan pelaksanaan investigasi, tiap kelompok menginvestigasi proyek tertentu (bias di iuar kelas, misai mengukur tinggi pohon, mendata banyak dan jenis kendaraan di dalam sekolah, jenis dagangan dan keuntungan di kantin sekolah, banyak guru dan staf sekolah), pengoalahan data penyajian data hasi investigasi, presentasi, kuis iadividual, buat skor perkembangan siswa, umumkan hasil kuis dan berikan reward.

Langkah-langkah :

KEGTATANAWAL
KEGIATAN INTI;
Eksplorasi;
1.      Guru membagi kelas dalarn beberapa kelompok heterogen
2.      Siswa diminta memperhatikan mekanisme strategi pembelajaraa yang dijelaskan guru.
Elaborasi;
3.      Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
4.      Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
5.      Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
6.      Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
Konfirtnasi;
7.      Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberj kesimpuJan
8.      Evaluasi
KEGIATAN OENUTUP
9.      Kesimpulan.


Sumber:
Modul Buku Model-Model Pembelajaran PGSD FKIP UMS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...